.::Daarul'ilm::.

Beribadahlah seakan-akan engkau melihat ALLAH,jika tidak bisa sesungguhnya ALLAH melihatmu

Hal-hal Yang Dapat Menghilangkan Hafalan

Menghafal Al Qur’an tidaklah seperti menghafal sebuah buku biasa. Mempertahankan hafalan Al Quran jauh lebih sulit daripada menghafalnya. Seorang penghafal Al Quran haruslah mengetahui hal-hal yang dapat mempercepat hilangnya hafalan agar proses penghafalan dapat berhasi dengan baik. Faktor-faktor yang dapat menghilangkan hafalan Al Quran memiliki pengaruh yang berbeda-beda sesuai dengan kekuatan ingatan seseorang. Bisa saja hal-hal yang dapat menghilangkan hafalan dimaksud hanya sedikit berpengaruh pada orang yang sangat kuat ingatannya. Namun dapat disimpulkan secara umum bahwa beberapa hal yang dapat mengurangi kadar hafalan Al Qur’an seseorang adalah sebagai berikut :

a. Melakukan maksiat kepada Allah SWT
Hafalan Al Qur’an adalah hidayah dari Allah SWT dan hanya dapat menetap pada hati yang bersih. Karena itu, hafalan Al Qur’an tidak akan bertahan lama di hati orang-orang yang sering melakukan maksiat. Seorang penghafal Al Qur’an haruslah menjaga hati dan seluruh panca inderanya dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

b. Tidak konsisten di dalam mengulang hafalan
Ketidak konsistenan di dalam mengulang hafalan juga mempercepat hilangnya hafalan. Mengulang dengan sistem kapan saja tanpa memenuhi target, kadang banyak dan kadang sedikit adalah tidak baik. Penghafal Al Qur’an akan cenderung malas untuk mengulang. Hal inilah yang dapat menyebabkan hilangnya hafalan.

c. Terburu-buru dalam menambah hafalan
Terburu-buru ingin cepat dalam menambah hafalan AlQuran sementara hafalan yang sebelumnya belum lancar benar atau menetapkan target diluar kemampuan juga dapat menyebabkan hilangnya hafalan. Hal ini disebabkan karena hafalan yang tidak lancar benar adalah sangat rapuh. Karena itu, sangat penting untuk tidak mengejar kuantitas dalam menghafal tapi utamakanlah kualitas dengan tetap berpedoman pada target yang telah ditetapkan. Seorang penghafal Al Quran sebaiknya menambah hafalan hanya jika hafalan yang sebelumnya sudah lancar benar.

d. Mengganti-ganti mushhaf
Mengganti-ganti mushhaf juga akan melemahkan hafalan seseorang. Setiap mushhaf berganti maka posisi ayat akan berubah. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi penghafal untuk membayangkan posisi ayat. Selanjutnya akan timbul kebimbangan pada saat melanjutkan akhir ayat dengan awal ayat berikutnya.

e. Terlalu menyibukkan diri dengan urusan dunia
Orang-orang yang telah memiliki komitmen untuk menghafal Al Qur’an hendaklah tidak terlalu memberikan perhatian yang besar bagi urusan dunia. Hal ini adalah karena perhatian yang berlebihan tersebut akan menyebabkannya terabaikannya waktu untuk menghafal Al Qur’an. Kelalaian dalam menyisakan waktu menghafal Al Qur’an akan menyebabkan hilangnya hafalan yang telah ada.

About these ads

April 24, 2010 - Posted by | Qur'an, TIPS-TIPS, Uncategorized

1 Komentar »

  1. hemmm…syukron san atas nasehate yo…
    sippp dah….
    semoga kita semua bisa menjadi seorang hafidz Qur’an yang ikhlhas dan mendapatkan istri yang hafidzoh pula.amien…

    Komentar oleh asydin | April 29, 2010 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: